Etika Saat Bertamu Pada Seorang Teman atau Kerabat : Jangan Mengintip ke Dalam Rumah

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:15 WIB
Bertamu ke rumah teman atau kerabat  (Kabar Lumajang)
Bertamu ke rumah teman atau kerabat (Kabar Lumajang)

URBANBOGOR.COM – Etika menjaga hubungan baik dengan sesama adalah sebuah keharusan, sebab kita tidak bisa hidup tanpa keberadaan orang lain. Dalam Islam menjaga silaturahmi yang baik, diyakini dapat memperpanjang usia dan menambahkan keberkahan.

Namun segala sesuatu tentu ada aturan dan etikanya, ketika kita memutuskan untuk bertamu atau mengunjugi seorang teman, atau pun kerabat hendaknya kita memperhatikan beberapa hal, seperti yang dilansir UrbanBogor.com dari Galamedia.Pikiran-Rakyat 18 Januari 2022.

Baca Juga: Enam Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya, Tips Sehat Ala dr. Sung

  1. Memberitahukan Terlebih Dahulu Perihal Kedatangan Kita

Etikanya, sebelum memutuskan bertamu atau berkunjung pada seorang teman atau kerabat, alangkah lebih baik kita memberitahukan perihal kedatangan kita, jangan mendadak tiba-tiba datang.

Apalagi jika kita tahu orang yang akan dikunjungi adalah orang yang memiliki kesibukan. Ketika sudah menjanjikan akan bertamu maka kita pun harus datang tepat waktu.

  1. Memilih Waktu yang Tepat untuk Bertamu

Seorang tamu yang baik harus mampu memilih waktu yang tepat untuk bertamu. Dalam Islam ada tiga waktu yang dilarang untuk bertamu, yakni sebelum salat subuh, waktu istirahat siang, dan sesudah salat isya. Kecuali jika kita memang diundang untuk datang, itu lain perkara.

  1. Duduk Jangan Menghadap Pintu Masuk Ke Dalam Ruangan

Ketika bertamu hendaknya kita masuk dan duduk setelah dipersilakan. Biasanya pemilik rumah menerima tamu di ruang tamu, hendaknya tamu tidak duduk mengahadap ke arah pintu masuk ke  ruang dalam rumah,  apalagi sampai mengintip dengan apa yang ada atau apa yang terjadi di dalam ruangan.

  1. Sampaikan Tujuan Bertamu

Jika kita memiliki tujuan saat bertamu maka sampaikan dengan tidak banyak basa-basi, namun juga tidak terburu-buru.

Jika kita bertamu hanya sekadar untuk main atau ngobrol, sebaiknya jangan terlalu lama. Lihat respon orang yang dikunjungi, jangan sampai kunjungan kita mengganggu aktivitasnya.

Halaman:

Editor: Asep Maymarwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Untuk Pengantin Baru Sesuai Sunah Nabi

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:16 WIB
X