Drama: Mengenal Bentuk Drama sebagai Pemahaman Siswa di Sekolah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB
Drama: Mengenal Bentuk Drama sebagai Pemahaman Siswa di Sekolah (Pikiran Rakyat)
Drama: Mengenal Bentuk Drama sebagai Pemahaman Siswa di Sekolah (Pikiran Rakyat)

URBANBOGOR.COM-Drama sebagai jenis dari bentuk karya sastra yang memiliki kelebihan dalam penceritaan maupun dalam pertunjukkan.

Drama dibutuhkan oleh siswa sebagai pemahaman siswa nantinya di sekolah karena drama dapat menjadi karya sastra yang sangat dicari bagi penikmat drama atau bagi pembaca drama.

Drama merupakan salah satu karya sastra yang berisikan watak, karakter, dan tabiat tokoh serta kehidupan kesehariannya melalui pementasan.

Pada pembahasan ini dimaksudkan agar siswa mengenal dan memahami bentuk drama yang terdapat pada drama.

Dilansir urbanbogor.com dari berbagai sumber, berikut bentuk-bentuk drama yang harus diketahui oleh siswa.

1. drama absurd

Drama absurd merupakan drama yang sengaja mengabaikan atau melanggar konvensi alur.

Dalam drama terdapat alur cerita yang landai (lurus) sesuai aturan. Alur yang dimunculkan dalam setiap drama tersusun secara kronologis (berurutan). Jika melihat dari alur ini tentunya pada drama absurd pun mengikuti alur drama yang kronologis.

Pada drama absurd ini berkaitan dengan alur yang sengaja dilanggar. Dalam pengalurannya bebas tidak mengacu pada alur maju saja atau mundur atau maju mundur.

Jika melihat dalam pengaluran, drama absurd memiliki ciri tersendiri yang menerobos alur biasanya.

Hal ini dimaksud sebagai nuansa yang berbeda dan kesan yang timbul dalam drama yang dinilai oleh pembaca tidak seperti alur drama pada umumnya yang dapat dilihat pada judul drama yang akan dipentaskan.

Baca Juga: Dua Amalan Sederhana yang Paling Disukai Allah SWT Sebagaimana Diajarkan oleh Rasulullah SAW


2. drama baca

Drama baca merupakan drama yang memiliki naskah atau skenario yang hanya cocok untuk dibaca.

Istilah drama baca ini memang cocok dalam pementasan menggunakan teks atau lembaran. Hal ini bukan karena ketidakmampuan pada lakon (tokoh) drama dalam menguasai percakapan yang diharuskannya. Akan tetapi, bentuk dari drama ini disebut drama baca dengan maksud drama yang berlangsung (percakapan) yang berlangsung melalui pembacaan dari teks yang dimiliki oleh lakon.

Drama baca menjadi ciri yang berbeda pula dengan drama yang lain. Kekuatan dan ciri khas drama ini pada pembacaan drama yang harus pula diperankan melalui mimik dan gestur dari para lakon.

3. drama borjuis

Drama borjuis merupakan drama yang memiliki tema tentang kehidupan bangsawan.

Pada drama borjuis mendapatkan pengaruh yang kuat pada latar drama yang berlatar belakang mengisahkan kehidupan bangsawan.

Kehidupan bangsawan yang dipentaskan merupakan cerita tersendiri yang penonton ikut merasakan nuansa pada saat itu.

Tema kehidupan bangsawan melekat pada politik, keluarga, masyarakat (rakyat), keturunan, penerus tahta, bahkan sampai permasalahan cinta yang ada dalam istana atau kerajaan.

Tema yang berkaitan dengan bangsawan dapat membuka secara jelas apa saja yang menjadi permasalahan dalam kehidupan bangsawan. Sekelumit hal yang dapat menjadi pelajaran bagi penikmat drama bahwa dalam kehidupan bangsawan banyak intrik yang dimunculkan dan kompleksnya masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Resmi Turun Menjadi Rp14.000 Per Liter Mulai 19 Januari 2022
4. drama domestik

Drama domestik merupakan drama yang menceritakan kehidupan rakyat biasa.

Drama domestik menjadi kekuatan drama yang lahir dan muncul dari rakyat. Drama domestik yang menceritakan kehidupan rakyat biasa memberikan gambaran susah dan senangnya dalam menjalani hidup.

Drama domestik merupakan drama yang menceritakan secara khusus apa yang dialami dilingkungan masyarakat.

Masyarakat dengan aktivitasnya yang dilakukan. Keseharian yang menjadi tradisi sehari-hari. Segala masalah yang muncul dalam drama domestik ini memberikan kesan bahwa rakyat membutuhkan kenyamanan dan kelayakan hidup.

Dalam alur biasanya rakyat selalu menjadi objek penderita yang tidak memiliki kuasa apa-apa. Dan rakyat harus menaati segala aturan yang berlaku dalam tata kehidupan dimasyarakat. Tentunya banyak nuansa berbeda dalam penceritaan ini.

Hal ini yang memberikan kesan luar biasa dalam drama domestik yang banyak digemari oleh penonton karena selain terdapat kesedihan. Ada pula suka duka yang tak dapat dituliskan karena kesedihan yang terlalu mendalam.

5. drama duka

Drama duka adalah drama yang menggambarkan mengenai kejahatan dan kehilangan pada tokoh utama.

Drama duka menjadikan tokoh yang sangat berperan dalam pengambilan nasibnya. Drama duka tentunya diawali oleh peristiwa atau perbuatan yang menggambarkan suatu kejahatan sehingga menjadi kelukaan bagi tokoh.

Kejahatan yang dilakukan karena dihadapkan pada keadaan yang harus dilakukan agar dapat keluar dari himpitan masalah yang dialami oleh tokoh. Tokoh terpaksa melakukan hal-hal yang membela dirinya.

Kejadian yang dihadapkan pada tokoh membuat tokoh menjadi penderita. Tokoh mengalami penderitaan akibat suatu kejahatan yang terjadi.

Halaman:

Editor: Rima Nurkomala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Untuk Pengantin Baru Sesuai Sunah Nabi

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:16 WIB
X