Diduga Tak Mau Antar Jenazah Tetangga, Hingga Perangkat Desa Turun Tangan, Dari Mengantarkan Hingga Pemakaman

- Kamis, 22 September 2022 | 12:00 WIB
Perangkat desa turun tangan proses pemakaman salah satu warganya (Instagram @medsoskediri)
Perangkat desa turun tangan proses pemakaman salah satu warganya (Instagram @medsoskediri)

 

URBANBOGOR.COM - Viral sebuah video yang menjelaskan mengenai jenazah yang telah meninggal, namun tidak terlihat rombongan warga yang ikut mengantarkan hingga liang lahat.
 
Kejadian tersebut, dijelaskan di Kediri Jawa Timur, tampak perangkat desa memanggul keranda mayat hingga sampai pada proses pemakaman.
 
Perangkat desa tampak dalam unggahan video, memakai seragam lengkap dinas mereka, terdiri dari beberapa orang lelaki dan satu orang perempuan yang bertugas menaburkan bunga di jalanan.
 
 
Sebelumnya, dikabarkan bahwa meninggalnya salah satu warga tersebut, telah di umumkan melalu pengeras suara kepada warga sekitar, namun warga tak mendengar. Alhasil perangkat desa ambil tindakan untuk menunaikan kewajiban bagi jenazah tersebut.
 
Diketahui, alasan warga tidak ada yang mau mengantarkan si mayit hingga proses pemakaman nya, diduga semasa hidup si mayit tidak pernah melayat, jika terdapat tetangga atau warga yang meninggal.
 
Sehingga pada saat dirinya berpulang, warga sekitar enggan untuk bertakziah menyampaikan rasa belasungkawa. 
 
Pada saat proses iring-iringan jenazah, hanya perangkat desa saja yang turut andil dalam mengantarkan jenazah tersebut.
 
 
Dibelakang keranda mayat, terlihat kurang lebih hanya 4 orang warga yang ikut serta mengantarkan. 
 
Terlihat seorang warga juga yang terekam tengah memegang beberapa untaian bunga yang akan digunakan selepas prosesi pemakaman selesai.
 
Dalam caption video dituliskan jika kejadian tersebut, bak sinetron yang biasa ada di channel televisi.
 
Caption tersebut menjelaskan, bukan cerita dan kejadian nyata, seorang warga meninggal di siang hari, namun tidak ada yang mau mengantarkan, hingga perangkat desa yang akhirnya turun tangan untuk mengantarkan jenazah.
 
Keterangan lebih lanjut, pengunggah menuliskan bahwa berharap nantinya kita semua berpulang dalam keadaan yang baik.
 
 
" bukan cerita Indosiar, ini nyata, tadi siang meninggal ini ga ada yang nganterin, sampe perangkat desa yang nganterin ke pemakaman.
Semoga nanti kita semua meninggal dalam keadaan husnul khatimah" tulis dalam unggahan video tersebut.
 
Viralnya unggahan video tersebut, memicu beragam komentar dari warganet dijejaring media sosial. Banyak yang mengatakan tidak sepantasnya pula mereka membalas dengan cara seperti itu.
 
Ada yang mengatakan bahwa, hal tersebut tidaklah baik, warganet menceritakan bahwa walaupun mungkin semasa hidup jenazah tidak terlalu dekat dengan tetangga namun tidak sepantasnya, mereka melakukan hal yang sama.
 
Mengurusi jenazah dari memandikan hingga mengantarkan ke liang lahat merupakan perbuatan yang sangat mulia, dikarenakan membantu jenazah agar segera dikuburkan.
 
Mengurusi jenazah pun merupakan suatu fardhu kiffayah yang merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi dan disegerakan, tutur salah satu warganet pada unggahan kolom komentar***
 
 
 
 

Editor: Yuni Handayani

Sumber: Instagram @nyinyir_update_official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Wawancara Online agar Sukses Meraih Kerja

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:50 WIB

Tips Senin jadi Ngangenin dan Semangat Kerja

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:50 WIB

Cara Melindungi Diri Supaya Terhindar Dari Korban KDRT

Jumat, 30 September 2022 | 20:50 WIB
X