Harga BBM Semakin Mahal, Begini 5 Cara Menghemat Penggunaan Bahan Bakar pada Kendaraan Agar Efisien

- Kamis, 22 September 2022 | 18:15 WIB
Cara Menghemat Penggunaan BBM (Pixabay.com @Engin Akyurt)
Cara Menghemat Penggunaan BBM (Pixabay.com @Engin Akyurt)

URBANBOGOR.COM – Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi seperti Pertalite dan Bio Solar resmi mengalami kenaikan harga pasar pada awal bulan September lalu.

Adapun untuk kenaikannya, harga Pertalite mengalami kenaikan sebesar Rp2.350 per liternya sehingga yang semula Rp7.650 per liter saat ini menjadi Rp10.000 per liter.

Sedangkan untuk kenaikan BBM jenis Bio Solar adalah Rp1.650 yang pada mulanya berada pada harga Rp5.150 saat ini menjadi Rp6.800 per liter.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Masjid di Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi!

Kenaikan harga BBM subsidi tersebut ternyata menimbulkan berbagai masalah lainnya. Bahkan belakangan ini beredar isu BBM yang mudah habis meski kendaraan tidak digunakan.

Untuk mengatasi masalah kenaikan BBM yang semakin mahal tersebut, berikut ini beberapa cara menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan sebagaimana dilansir urbanbogor.com dari mypertamina.id.

1. Melaju Secara Konstan dan Hindari Mengemudi Agresif

Mengemudi dengan kecepatan yang konstan dapat menjadi salah satu cara dalam menghemat BBM. Dengan mengemudi secara konstan, tidak ugal-ugalan atau ngebut seperti ini bisa mengontrol keadaan pedal gas.

Baca Juga: Hukum Tato Tubuh dalam Islam dan Solusi yang Dianjurkan

Mengemudi dengan cara mengebut perlu menekan pedal gas secara mendalam dan kemudian melepas dan menginjaknya kembali. Sering melakukan hal tersebut akan membuat bahan bakar menjadi boros lantaran bukaan throttle harus terbuka lebih lebar.

Halaman:

Editor: Putri Ari Dhani Kusuma Dewi

Sumber: mypertamina.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 5 Cara Pemeriksaan WhatsApp Yang Telah Diblokir

Jumat, 30 September 2022 | 21:31 WIB

5 Tips Merawat Bibir Agar Lembap dengan Bahan yang Alami

Selasa, 20 September 2022 | 16:58 WIB
X