Buka Website Jurnal Ini! Rekomendasi Untuk Mahasiswa: Terindeks Scopus!

- Kamis, 24 November 2022 | 20:30 WIB
Illustrasi: seorang mahasiswa yang sedang mencari jurnal terindeks scopus (Freepik @mego-studio)
Illustrasi: seorang mahasiswa yang sedang mencari jurnal terindeks scopus (Freepik @mego-studio)



URBANBOGOR.COM – Dimanakah kita bisa mencari artikel-artikel yang jurnalnya sudah terindeks scopus?

Dilansir UrbanBogor.com melalui akun Youtube @Rofa Ichsandi mengenai jurnaljurnal yang terindeks scopus.

Nah, simak selengkapnya rekomendasi website jurnal buat kamu para mahasiswa:

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Montessori Ini Jika Mom’s Ingin Anaknya Belajar Matematika: Wajib Dicoba Pada Anak!

1. Journal on Mathematics Education
Klik di Sini!

Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME) adalah jurnal internasional akses terbuka peer-refereed yang ini telah didirikan untuk diseminasi pengetahuan mutakhir di bidang pendidikan matematika.

Jurnal tersebut didirikan atas kerjasama antara Masyarakat Matematika Indonesia dan Universitas Sriwijaya. Mulai tahun 2022, IndoMS-JME diterbitkan empat kali dalam setahun dan semua proses pengajuan dipindahkan ke situs web baru.

Baca Juga: Terkuak Aksi Perempuan Inisial SAN, Yang Menipu Ratusan Mahasiswa IPB. Sekarang Diciduk Kepolisian

Semua manuskrip yang dikirimkan pada awalnya akan ditinjau oleh editor dan kemudian dievaluasi oleh minimal dua Reviewer Internasional melalui proses review double-blind.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kualitas manuskrip yang diterbitkan di jurnal tersebut.


2. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE)
Klik di Sini!

International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), adalah publikasi interdisipliner dari penelitian dan tulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan makalah untuk khalayak internasional peneliti pendidikan.

Jurnal IJERE bertujuan untuk menyediakan forum untuk pemahaman ilmiah bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk menyediakan metode dan isi evaluasi dan penelitian dalam pendidikan bagi para guru, administrator, dan pekerja penelitian.

Jurnal tersebut mencakup berbagai topik, termasuk filosofi pendidikan, kurikulum, pemahaman bacaan, perkembangan anak dan pendekatan pendidikan.

IJERE telah diindeks oleh SCOPUS dan ERIC Institute of Education Sciences (IES) dari Departemen Pendidikan AS.
 
Baca Juga: 116 Mahasiswa IPB Menjadi Korban Dugaan Penipuan Pinjaman Online

3. Harmonia: Journal of Arts Research and Education
Klik di Sini!

Harmonia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Seni diterbitkan oleh Departemen Drama, Tari, dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dan bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Pendidik Sendratasik Indonesia (AP2SENI)/Asosiasi Profesi Pendidik Sendratasik Indonesia.

Harmonia menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni.

Jurnal telah terindeks di SCOPUS, ASEAN Citation Index, Google Scholar, Microsoft Academic, DOAJ dengan Green Thick, Dimension, EBSCO, SINTA 1 dan diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.


4. Studies in English Language and Education (SiELE)
Klik di Sini!

Studies in English Language and Education (SiELE) adalah jurnal akademik peer-review yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia.

Jurnal tersebut menyajikan penelitian dan pengembangan di bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, linguistik umum dan sastra. 
 
Penulis harus mendaftar ke jurnal ini sebelum mengirimkan karya mereka dan mereka harus mengikuti Panduan Penulis jurnal.

Pengajuan yang tidak sesuai dengan pedoman yang diberikan akan ditolak. Dari 2014-2020, Jurnal SiELE terbit dua kali setahun, pada bulan Maret dan September. Sejak 2021 dan seterusnya, terbit tiga kali setahun pada bulan Januari, Mei, dan September.
 
Baca Juga: Bangga! 27 Mahasiswa Berhasil Mendapatkan Beasiswa ke Maroko, Kemenag: Maksimalkan Kesempatan Ini

5. International Journal of Language Education
Klik di Sini!

IJoLE: International Journal of Language Education adalah jurnal peer-review internasional dan akses terbuka dalam pendidikan bahasa. Tujuannya adalah untuk menerbitkan artikel konseptual dan penelitian yang mengeksplorasi penerapan bahasa apa pun dalam pengajaran dan pengalaman bahasa sehari-hari dalam pendidikan.

Cakupannya bersifat internasional, karena menerima artikel dari akademisi, peneliti, mahasiswa pascasarjana, dan pembuat kebijakan. Semua artikel harus dalam bahasa Inggris.

Ruang lingkup jurnal  meliputi penilaian dan pengujian dalam pembelajaran dan pendidikan bahasa, metodologi dan isu linguistik terapan, masalah pengajaran bahasa kelas, budaya dan kekuasaan dalam pendidikan bahasa, pengembangan dan implementasi kurikulum bahasa; dan lain sebagainya.

IJoLE diindeks secara internasional oleh SCOPUS, Web of Science, ERIC, Sinta 1, Indeks Copernicus, Akses Terbuka EBSCO, Referensi silang, beasiswa Google, Indonesia Satu Pencarian, Mesin Pencari Akademik Bielefeld, dan Garba Rujukan Digital.
 
Baca Juga: Inilah Akal Bulus Sosok SAN Pelaku Penipuan Ratusan Mahasiswa IPB hingga Terjerat PINJOL

IJoLE: International Journal of Language Education diterbitkan oleh Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar yang bekerjasama dengan Indonesian Association for Bilingual Education.

6. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia
Klik di Sini!

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Jurnal Pendidikan Sains Indonesia) menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian dan kajian pustaka dalam lingkup pendidikan ilmu pengetahuan alam pada pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Selain itu, jurnal ini juga mencakup isu-isu pendidikan lingkungan dan ilmu lingkungan. Jurnal ini bekerjasama dengan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) / Perhimpunan Pendidik Sains Indonesia.
 
Baca Juga: Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Anak-anak Pintar Matematika di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara

Jurnal IPA telah terindeks di Google Scholar, DOAJ, Dimensions, ASEAN Citation Index, SCOPUS, SINTA 1.

So, buat kalian semua yang lagi skripsian dan membutuhkan jurnal referensi. Bisa cari di rekomendasi jurnal diatas ya. Sukses selalu. (Afina Tsaniya Putri).***

Editor: Asep Maymarwan

Sumber: Youtube @Rofa Ichsandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Hal Ini Dapat Menghindari Kita dari Kehidupan Toxic

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:25 WIB
X