Awas, Anda Akan Mudah Emosi Jika Terlalu Lama Menggunakan Media Sosial

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:20 WIB
Mudah Emosi Lama Menggunakan Media Sosial (Pixabay)
Mudah Emosi Lama Menggunakan Media Sosial (Pixabay)

URBANBOGOR.COM - Menatap layar gadget berlebihan dapat menyebabkan perilaku adiktif, keterikatan emosional yang lebih kuat dengan media sosial. Bahkan, menyebabkan penderitaan mental yang lebih dalam bagi banyak orang yang tidak baik bagi kesehatan misalnya mudah emosi.

Hal itu telah dilakukan dalam sebuah studi oleh para peneliti di Ruhr-Universitätt di Bochum, Jerman, menyelidiki efek dari menggunakan media sosial (SMU) dan peningkatan aktivitas fisik, atau keduanya, sehingga mudah emosi sehingga sangat berpengaruh negatif pada kesehatan mental bagi orang yang berlebihan menggunakannya.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari laman Medical News Today, para peneliti telah melakukan sebuah penelitian bagi banyak orang yang menggunakan media sosial berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan mental supaya tidak mudah emosi karena hal itu memicu orang untuk adiktif atas kegiatan yang tidak banyak melakukan banyak gerak atau istilah zaman sekarang adalah mager (males gerak).

Baca Juga: Jangan Lakukan Hal Ini, Jika Kamu Tidak Mampu Mengontrol Emosi Tepatnya Saat Sedang

Dalam penelitian, disebutkan bahwa untuk tindak lanjut enam bulan, subjek terus melaporkan menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial, mempertahankan aktivitas fisik, merasa lebih bahagia, dan merokok lebih sedikit. Journal of Public Health baru-baru ini menerbitkan temuan ini.

"Jika kegiatan itu mengganggu tonggak-tonggak pencapaian swasembada ekonomi, sosialisasi, atau pemeliharaan kesehatan yang sesuai dengan usia adat, maka itu merugikan," jelas seorang penulis dan psikiater nutrisi, Dr S holdon Zablow.

"Kegiatannya bisa berupa penggunaan alkohol, penggunaan narkoba, pilihan diet, pilihan olahraga, atau pilihan hiburan, khususnya media sosial," sambungnya.

Baca Juga: Sering Emosi Dan Pelupa? Tanda Tanda Kamu Sedang Mengalami Stres

Dr. Zablow mengingatkan penggunaan media sosial yang berlebihan melemahkan ikatan interpersonal sosial, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Medical News Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X