Bumi Alami Putaran Lebih Cepat Dari Biasanya, Ada Apa?

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:10 WIB
Perubahan perputaran bumi yang lebih cepat membuah hari terasa lebih singkat dan para ilmuwan mencoba untuk mencari penyebabnya  (Pixabay_qimono)
Perubahan perputaran bumi yang lebih cepat membuah hari terasa lebih singkat dan para ilmuwan mencoba untuk mencari penyebabnya (Pixabay_qimono)

URBANBOGOR.COMPara Ilmuwan sedang dilanda kekhawatiran karena bumi mengalami putaran lebih cepat dari biasanya, Ada Apa?

Dilansir urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Laboraturium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bahwa kini putaran yang dimiliki oleh bumi lebih cepat dari biasanya, daripada setengah abad yang lalu.

Diketahui pada 29 Juni 2022, tengah malam lebih cepat 1,59 milidetik dari kecepatan normal yang membuat hari tersebut menjadi hari terpendek.

Baca Juga: 5 Film Bioskop Terbaru yang Akan Tayang Agustus 2022, Ada Film Horor Sampai Romantis Bikin Seru Abis!

Tidak hanya itu, fenomena bumi berputar lebih cepat pernah terjadi di tahun 2020 yang tercatat 28 hari terpendek dalam sejarah.

Astrofisikawan, Graham Jones menyatakan jika kecepatan rotasi bumi akan selalu meningkat dan mungkin akan menghilang 1 detik dari jam normal atom.

Jika rotasi cepat bumi berlanjut, hal tersebut dapat mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama” ujarnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja PT Pertamina Training & Consulting (BUMN Pertamina) Agustus 2022

Hari menjadi lebih lama sejak terbentuknya bumi yang diketahui sudah hidup selama 1,4 Miliar tahun dan rotasi bumi membutuhkan waktu kurang dari 19 jam.

Halaman:

Editor: Siti Hanifatussadiyah

Sumber: Instagram @ussfeeds, Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X