Penyebab Gula Darah Tinggi Meskipun Pola Makan Sehat

- Selasa, 19 September 2023 | 10:42 WIB
Banyak yang tidak tahu penyebab gula darah tinggi meskipun seseorang telah menjaga pola makan  (Tangkal layar halodoc.com)
Banyak yang tidak tahu penyebab gula darah tinggi meskipun seseorang telah menjaga pola makan (Tangkal layar halodoc.com)
 
 
URBANBOGOR.COM - Gula darah yang tinggi adalah masalah kesehatan yang sering ditemui. Banyak yang tidak tahu penyebab gula darah tinggi meskipun seseorang telah menjaga pola makan, mengurangi asupan karbohidrat, bahkan melakukan puasa, gula darah yang tetap tinggi bisa menjadi masalah yang membingungkan.
 
Artikel ini akan menjelaskan penyebab-penyebab gula darah tinggi meskipun telah menjalani pola makan yang sehat.
 
 
Kenapa Gula Darah Tetap Tinggi?
 
Sebelum masuk ke penyebabnya, penting untuk memahami bahwa peningkatan gula darah tidak hanya disebabkan oleh konsumsi gula atau karbohidrat saja. Bahkan ketika kita tidak makan atau minum gula, beberapa faktor dapat meningkatkan gula darah kita. 
 
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gula Darah
 
1. Resistensi Insulin: Salah satu faktor utama adalah resistensi insulin. Ketika tubuh tidak merespons insulin dengan baik, gula darah bisa tetap tinggi, bahkan tanpa asupan gula yang berlebihan. 
 
2. Gluconeogenesis: Ini adalah proses di mana tubuh kita membuat glukosa dari bahan-bahan lain selain karbohidrat. Ini terutama terjadi di liver kita. Jadi, tubuh bisa membuat gula darah sendiri dari lemak dan protein, yang dapat meningkatkan gula darah.
 
Faktor Lain yang Meningkatkan Penyebab Gula Farah Tinggi 
 
Selain faktor di atas, beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan gula darah adalah:
 
 
- Dehidrasi: Kekurangan cairan dalam darah bisa menyebabkan gula darah kita menjadi lebih kental dan meningkat.
 
- Olahraga Berlebihan: Olahraga intensitas tinggi yang tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup dapat meningkatkan hormon stres kortisol, yang berdampak pada gula darah.
 
- Obat-obatan: Beberapa obat, terutama kortikosteroid dan obat asma, dapat meningkatkan gula darah.
 
- Infeksi, Trauma, atau Peradangan: Kejadian seperti infeksi, trauma fisik, atau peradangan dalam tubuh dapat memicu respons pertahanan tubuh yang meningkatkan gula darah.
 
 
- Stress Emosional: Stres yang berhubungan dengan emosi, seperti marah yang sulit dikendalikan atau lingkungan yang toksik, juga dapat meningkatkan gula darah melalui peningkatan kortisol.
 
Solusi Mengatasi Gula Darah Tinggi
 
Untuk mengatasi gula darah tinggi, ada beberapa langkah yang dapat diambil:
 
1. Perbaiki Kualitas Tidur: Kualitas tidur yang baik dapat membantu mengurangi stres dan mendukung keseimbangan hormon, termasuk insulin.
 
2. Puasa: Berpuasa, seperti dalam puasa air atau intermittent fasting, dapat membantu mengendalikan gula darah.
 
 
3. Perhatikan Asupan Nutrisi: Selama jam makan, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Nutrisi yang tepat dapat membantu mengatur gula darah.
 
Meskipun Anda telah menjalani pola makan sehat, gula darah yang tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor.
 
Penting untuk memahami bahwa gula darah adalah respons kompleks dalam tubuh, dan peningkatan gula darah bisa disebabkan oleh resistensi insulin, gluconeogenesis, dehidrasi, olahraga berlebihan, obat-obatan, infeksi, trauma, atau stress emosional. 
 
Untuk mengatasi masalah ini, perbaiki kualitas tidur, pertimbangkan puasa, dan perhatikan asupan nutrisi Anda.
 
 
Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap dalam rentang yang sehat.***

Editor: Asep Maymarwan

Sumber: Youtube @SB30Health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keringat Berlebihan, Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan?

Rabu, 27 September 2023 | 22:23 WIB

Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Jumat, 22 September 2023 | 20:20 WIB
X