Wow, Mencegah Penyakit Diabetes Hanya Dengan Teratur Minum Air Putih

- Senin, 23 Januari 2023 | 09:20 WIB
Mencegah Diabetes Dengan Minum Air Putih (Pexels @Nataliya Vaitkevich)
Mencegah Diabetes Dengan Minum Air Putih (Pexels @Nataliya Vaitkevich)

URBANBOGOR.COM - Mengabaikan kadar gula darah tinggi dapat menimbulkan ancaman diabetes tipe-2. Namun, jika Anda mengambil langkah mencegah diabetes dengan mengkonsumsi air putih sebagai obat alami.

Hal itu disampaikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Diabetes UK mengungkap bahwa cara mencegah terkena diabetes adalah minum air putih secara rutin.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari laman Express, studi tersebut menyatakan minuman terbaik berupa air putih ini merupakan langkah mudah untuk mencegah diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Penyakit Diabetes Dirasakan Dengan Tanda Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

"Karena air tidak mengandung karbohidrat atau kalori, itu adalah minuman yang sempurna untuk penderita diabetes," ungkap Diabetes UK.

Selain itu, dari penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa air putih dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar glukosa (gula) darah.

Temuan dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini menyatakan, ketika asupan air meningkat maka dapat mencegah atau menunda timbulnya hiperglikemia (gula darah tinggi) dan diabetes berikutnya.

Peserta yang mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah terkena hiperglikemia onset baru dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari 500 ml air per hari.

Para peneliti juga menyoroti hormon vasopresin (yang meningkat ketika dehidrasi terjadi) sebagai kemungkinan faktor risiko hiperglikemia dan diabetes.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Express

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengkonsumsi Kunyit Agar Khasiatnya Maksimal

Senin, 6 Februari 2023 | 12:53 WIB

Kenali Kondisi Sleep Apnea Mengganggu Saat Tidur

Minggu, 5 Februari 2023 | 10:30 WIB

Memperpanjang Umur Dengan Perbaiki Kualitas Tidur

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:00 WIB
X