Gempa NTT Berpotensi Terjadi Gelombang Tsunam Dengan Tinggi Gelombang Lebih dari 3 Meter, Masyarakat diminta W

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:00 WIB
Gempa NTT berpotensi terjadi gelombang Tsunami dengan tinggi gelombang lebih dari 3 meter, Masyarakat diminta Waspada (Unsplash/Todd Turne)
Gempa NTT berpotensi terjadi gelombang Tsunami dengan tinggi gelombang lebih dari 3 meter, Masyarakat diminta Waspada (Unsplash/Todd Turne)

URBANBOGOR.COM - Terkait potensi gempa bumi berkekuatan besar di  Nusa Tenggara Timur,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada.

Baca Juga: Gempa Bumi Dengan Kekuatan 5,5 Magnitudo guncang Sukabumi, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gempa bumi tersebut dapat memicu terjadinya gelombang tsunami.

Prakiraan tersebut  berdasarkan hasil dari  pemodelan yang dilakukan dari sumber gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut laporan BMKG,  akibat gempa bumi bisa memicu gelombang tsunami  hingga tiga meter lebih.

Jika sesar naik Flores aktif dengan kekuatan M 7,4, menurut Koordinator Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono maka dapat terjadi gelombang tsunami di Labuan Bajo, Manggarai, Flores, dan Alor.

Lebih lanjut Daryono mengatakan, akibat dari gelombang tsunami akan lebih parah apabila  gempa bumi tersebut disertai dengan longsoran di dasar laut.

Sejumlah daerah lain di Nusa Tenggara Timur  (NTT) seperti kawasan Labuhan Bajo, Sumba, Manggarai, Sabu, Rote, dan Kupang juga berpotensi terjadi gelombang tsunami apabila  gempa berkekuatan M 8,5 terjadi.

Baca Juga: Sebagian Kota Surabaya Diguyur Hujan Es, Berikut ini Penjelasan BMKG

Halaman:

Editor: Asep Maymarwan

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X