Dilarang Keras! Jemaah Haji Indonesia Membawa Air Zamzam Ke Dalam Koper, Akan Ada Pemeriksaan

- Minggu, 26 Juni 2022 | 10:49 WIB
Larangan jamaah haji membawa air ZAM ZAM di koper (Kemenag.go.id)
Larangan jamaah haji membawa air ZAM ZAM di koper (Kemenag.go.id)

 

URBANBOGOR.COM - Pada musim haji tahun ini, muncul dengan tegas aturan mengenai pelarangan jemaah haji Indonesia untuk membawa air zamzam di dalam koper dari masing-masing.

Dimana koper yang biasanya digunakan para jemaah haji untuk menyimpan barang-barang kepemilikannya tersimpan di koper, kini muncul ketegasan atas pelarangan bagi jemaah haji Indonesia yang kedapatan membawa air zamzam.

Hal itu dikarenakan, para jemaah haji Indonesia nanti pada hari kepulangan akan secara otomatis mendapat bagian air zamzam sebanyak 5 liter yang diberikan secara gratis ketika jemaah sudah tiba di Indonesia. Sehingga dilarang memasukkan air zamzam ke dalam koper.

Baca Juga: Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Haryanto, selaku Kepala Daerah Kerja Bandara memberi peringatan atas pelarangan membawa air zamzam sekalipun 1 mililiter.

“Dari perusahaan pengangkut memberi peringatan yaitu 1 mililiter air saja dilarang masuk ke bagasi,” kata Haryanto, yang dikutip pada Sabtu, 26 Juni 2022.

Di samping itu, Edayanti Dasril Munir selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) dari Daker Bandara Jeddah-Madinah, semua barang jemaah haji asal Indonesia terlebih dahulu akan dikumpulkan pada saat proses akan pulang.

Di sana, akan ada pengecekan dan penimbangan bagasi dari para jemaah haji Indonesia yang diberikan batas maksimal bobot yaitu 32 kilogram. Setelah itu akan dilakukan proses pengecekan di hotel dimana para jemaah haji tempati.

Baca Juga: Haji: Yakin Ibadah atau Sekadar Mengunjungi Mekkah, Jangan Sampai Salah

Halaman:

Editor: Yuni Handayani

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X