Benarkah Cacar Monyet Berasal Dari Pemberian Vaksin Covid 19? Inilah Faktanya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:20 WIB
Penjelasan Soal Cacar Monyet Berasal Dari Pemberian Vaksin Covid-19 (Bekasi.pikiran-rakyat.com)
Penjelasan Soal Cacar Monyet Berasal Dari Pemberian Vaksin Covid-19 (Bekasi.pikiran-rakyat.com)

URBANBOGOR.COM - Organisasi Kesehatan Dunia yaitu WHO menetapkan cacar monyet sebagai virus yang harus diwaspadai, namun belakangan ini tersiar kabar bahwa virus tersebut berasal dari vaksin Covid 19.

Infor tersebut beredar luas di media sosial Twitter yang menganggap bahwa cacar monyet awal mulanya berasal dari vaksin Covid 19 yang menjadi bagian dari KIPI atau Kejadian Pasca Ikutan Imunisasi.

Narasi kabar itu terus beredar luas yang mencuit di laman Twitter yang menuding bahwa adanya cacar monyet sebagai kejadian medis yang berawal muncul pasca pemberian imunisasi dari vaksin Covid 19.

Baca Juga: WHO Sebut Kelompok Gay Sebagai Salah Satu Sumber Cacar Monyet Sehingga Beri Peringatan

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) memberikan penjelasan tersebut dengan lugas soal cacar monyet yang berakibat dari dampak atas pemberian vaksin yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Kemenkes menjelaskan bahwa cacar monyet penyebab utamanya adalah virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang mempunyai sifat highly pathogenic atau zoonosis.

Itu artinya virus tersebut dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahkan yang terkontaminasi virus.

Baca Juga: Dugaan Suspek Cacar Monyet Muncul di Jateng, Kenali Gejala dan Vaksinnya

Dari keterangan tersebut didapat informasi bahwa virus cacar monyet dapat melakukan penyebaran dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang sudah terinfeksi oleh cacar monyet.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X