Perlindungan Data Pribadi Telah Resmi Disahkan Dalam UU PDP

- Rabu, 21 September 2022 | 06:20 WIB
Perlindungan Data Pribadi Telah Resmi Disahkan Dalam UU PDP (Pexels/Mikhail Nilov)
Perlindungan Data Pribadi Telah Resmi Disahkan Dalam UU PDP (Pexels/Mikhail Nilov)

URBANBOGOR.COM - Wacana mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan data pribadi (PDP) telah resmi disahkan menjadi Undang-Undang (UU) PDP

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate yang menyatakan, bahwa telah resmi disahkan dalam UU PDP yang menjadi penanda era baru dalam bidang tata kelola data pribadi di Indonesia, khususnya di ranah digital.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Menkominfo Johnny G Plate menyebut bahwa perlindungan data pribadi dengan resmi disahkan UU PDP menjadi era baru untuk ranah digital.

Baca Juga: Deny Siregar Angkat Bicara Mengenai Hacker Bjorka, Denny Siregar: Yakin Hacker Bjorka Hebat?

“Proses pembahasan panjang tersebut telah menghasilkan dan menyepakati 16 bab dan 76 pasal dalam RUU dimaksud. Disahkannya RUU PDP menjadi Undang-Undang hari ini menandai era baru dalam tata kelola data pribadi di Indonesia, khususnya di ranah digital,” kata Johnny G Plate, yang dikutip pada Rabu, 21 September 2022.

Lebih lanjut Johnny G Plate juga menambahkan bahwa dengan hadirnya UU PDP ini nantinya diharapkan mampu untuk memberi kemajuan di berbagai bidang. 

Di samping itu, jika dilihat dari sisi kenegaraan dan pemerintahan, UU PDP dapat dimaknai sebagai pengejawantahan kehadiran negara dalam melindungi hak fundamental warga negara untuk perlindungan data pribadi.

Baca Juga: Seperti Bjorka Kini Grup Desorden Sebagai Peretas Anak Perusahaan Dari Pertamina

Dengan disahkannya UU PDP juga akan memperkuat peran dan kewenangan pemerintah dalam menegakkan serta mengawasi kepatuhan dan kewajiban seluruh pihak yang memproses data pribadi, baik publik maupun swasta.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X