Mendagri Tito Karnavian Menghimbau ASN Bersikap Profesional Pada Pemilu 2024

- Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB
Tito Karnavian Himbau ASN Bersikap Profesional Pada Pemilu 2024 (Instagram/@titokarnavian)
Tito Karnavian Himbau ASN Bersikap Profesional Pada Pemilu 2024 (Instagram/@titokarnavian)

URBANBOGOR.COM - Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberi himbauan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak berpihak pada calon tertentu saat Pemilu dan Pilkada di 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Tito Karnavian yang menyatakan perintah kepada ASN untuk bersikap profesional, sekalipun tetap memiliki hak politik dan hak pilihnya ketika pemilu.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Tito Karnavian itu berlandaskan pada aturan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang tetap profesional pada proses pemilu.

"Untuk ASN memang memiliki hak politik dan hak untuk memilih, tapi tidak boleh menggunakan kekuasaannya untuk berpihak kepada calon partai tertentu," kata Tito Karnavian yang dikutip pada hari Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: LINK Pendaftaran Tenaga Non-ASN 2022. Ada 9 Kriteria Honorer yang Bisa Ikut Pendataan, Ini Cara Daftarnya!

Lebih lanjut Tito Karnavian juga menyampaikan bahwa, ASN perlu menjaga kehangatan demokrasi tanpa perlu merusak prosesnya.

 “Dalam demokrasi saya kira memang harus menghangat karena itulah demokrasi, tapi yang dijaga jangan sampai menghangat itu kemudian menjadi rusak,” ucap Tito Karnavian.

Atas dasar itulah, menurut Tito bagi ASN yang mampu menjaga sikapnya, merupakan orang-orang yang menjunjung tinggi keahlian berdasarkan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagai informasi bahwa, untuk saat ini, Mendagri telah menandatangani keputusan bersama untuk mengawal sikap netralitas ASN pada Pemilu dan Pilkada yang bakal serentak dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X