Indonesia Masuk Akhir Pandemi Namun Angka Kematian Masih Tinggi

- Jumat, 23 September 2022 | 09:20 WIB
Indonesia Masuk Akhir Pandemi Namun Angka Kematian Masih Tinggi (Pexels/Anna Shvets)
Indonesia Masuk Akhir Pandemi Namun Angka Kematian Masih Tinggi (Pexels/Anna Shvets)

URBANBOGOR.COM - WHO selaku Badan Kesehatan Dunia menyatakan kabar bahwa kini memasuki masa akhir pandemi Covid-19.

Atas dasar pernyataan dari WHO tersebut, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, mengungkap bahwa situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah relatif stabil sejak bulan Maret 2022 sehingga layak masuk masa akhir namun kematian akibat virus tersebut masih ada.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Wiku Adisasmito menyatakan bahwa Indonesia memang sudah mulai masuk waktu akhir dari pandemi tapi tidak menjadikan lengah karena kematian yang disebabkan Covid-19 tergolong cukup tinggi.

“Di Indonesia kondisi Covid-19 sudah stabil sejak puncak terakhir di bulan Maret akibat varian omicron, sempat mengalami kenaikan di bulan Agustus namun angkanya tidak signifikan,” kata Wiku Adisasmito yang dikutip pada hari Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: WHO Menyebut Pandemi Akan Berakhir Namun Harus Tetap Waspada

Selain itu, Wiku Adisasmito juga mengatakan bahwa kasus terinfeksi dan positivity rate COVID-19 juga terus menurun, seiring dengan tingkat keterisian tempat tidur nasional yang stabil di angka lima persen.

Kendati demikian, yang terjadi kini bagi angka kematian karena Covid-19 masih cukup tinggi, yakni 100 kematian pada setiap pekannya.

“Angka tersebut terbilang cukup banyak karena kematian tidak hanya sekedar angka, namun berarti nyawa,” ucap Wiku Adisasmito.

Lebih lanjut, Wiku Adisasmito memberi himbauan akan pentingnya kesadaran masyarakat untuk mengakhiri pandemi, dan memulai masa transisi dari pandemi menjadi endemi.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X