Temuan Kompolnas: Tidak Ada Perintah Resmi Dari Polres Malang Untuk Tembakan Gas Air Mata Di Kanjuruhan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Temuan Kompolnas: Tidak Ada Perintah Resmi Dari Polres Malang Untuk Tembakan Gas Air Mata Di Kanjuruhan (Twitter.com @TheInsiderPaper)
Temuan Kompolnas: Tidak Ada Perintah Resmi Dari Polres Malang Untuk Tembakan Gas Air Mata Di Kanjuruhan (Twitter.com @TheInsiderPaper)

URBANBOGOR.COM - Hasil temuan yang dilakukan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yaitu mengenai pengawas keamanan dari Polres Malang untuk di Kanjuruhan terkait gas air mata.

Dimana Komisioner Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan asesmen ke beberapa pihak, diantaranya anggota Polres Malang, Bupati Malang, Aremania, dan korban yang mengalami luka-luka bahwa sejatinya tidak ada perintah terkait pelepasan gas air mata.

"Salah satu hasilnya, belum ditemukan adanya instruksi resmi dari Kapolres selaku penanggung jawab pengamanan dalam pertandingan tersebut," kata Albertus Wahyurudhanto, yang dikutip pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Sebagaimana yang dilansir oleh urbanbogor.com dari pikiran-rakyat.com, Albertus Wahyurudhanto juga mengungkapkan bahwa tidak ada perintah dari Kapolres Malang untuk melerai kerusuhan dengan menggunakan gas air mata.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Naik Status Penyidikan Sebagai Upaya Mengungkap Tersangka

"Tidak ada perintah Kapolres Malang untuk penguraian massa jika terjadi kerusuhan dengan menggunakan gas air mata,” ujarnya.

Lebih lanjut, Albertus Wahyurudhanto juga menambahkan bahwa prosedural tersebut telah disampaikan lima jam sebelumnya kepada internal kepolisian yang bertugas mengamankan lokasi pertandingan.

“Ini sudah disampaikan apel lima jam sebelumnya saat apel. Dari internal kepolisian sudah prosedural,” ujar Albertus Wahyurudhanto.

Di samping itu, Albertus Wahyurudhanto mengatakan bahwa hanya 600 orang yang merupakan personel Polres Malang dari 2.000 personel yang bertugas menjaga keamanan dalam pertandingan tersebut.

Halaman:

Editor: Endang Kurnia

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X